Kurikulum

Kurikulum

Di SMA Marsudirini Muntilan,tahun 2023/2024 ini kami menerapkan pendekatan kurikulum yang beragam untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa sesuai dengan tingkat kelas mereka. Berikut adalah penjelasan singkat tentang kurikulum yang digunakan di sekolah kami:
Kurikulum Merdeka (Kurikulum 2020):
Kurikulum Merdeka, juga dikenal sebagai Kurikulum 2020, merupakan kurikulum yang memberikan kebebasan kepada sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan lokal dan karakteristik siswa.
Kurikulum ini menekankan pada pembelajaran berbasis kompetensi, yang fokus pada pengembangan berbagai kompetensi inti seperti kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan, dan literasi.
Di SMA Marsudirini Muntilan, Kurikulum Merdeka diterapkan untuk kelas X dan kelas XI dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan.
Kurikulum 2013:
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan pendekatan yang lebih terstruktur dan terarah.
Kurikulum ini menekankan pada pembelajaran yang lebih kontekstual dan terpadu, dengan fokus pada pengembangan berbagai kompetensi, pengetahuan, dan keterampilan siswa.
Di SMA Marsudirini Muntilan, Kurikulum 2013 diterapkan untuk kelas XII dengan tujuan untuk mempersiapkan siswa secara lebih khusus untuk menghadapi ujian dan memperoleh pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja.
Dengan menerapkan kedua kurikulum tersebut, kami berharap dapat memberikan pengalaman belajar yang beragam dan menyeluruh bagi siswa di SMA Marsudirini Muntilan, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi masing-masing.

Kembali